I’tikaf day 4

Tidak seramai malam ganjil kemarin, malam ini sepi. Biasanya mulai jam 22.00 para ummahat sudah masuk satu persatu ke masjid. Kenapa ya harus beda-bedakan malam? Kita kan nggak tau lailatul qadr bisa jadi datang di malam genap. 

.

Bunda pergi sebentar beli nasi goreng sosis pesanan ade, eh pas balik ke masjid pada ga tau kemana deh. Jalan-jalan mungkin di sekitar komplek masjid. 

Plastik di tengah karpet itu untuk nanti makan sahur. Mengingat kemarin puenuh bgt jamaah, jadi mau makan repot karena area makan di belakang sudah penuh. Akhirnya malam ini terlihat plastik sudah terbentang, jadi panitia ngga repot ‘ngusir’ jamaah yg masih tidur untuk bangun karena tempatnya mau dipakai buat makan.

.

Malam ini, ingatan melayang ke Papa. 3 tahun terakhir di akhir hayatnya beliau habiskan untuk i’tikaf full day di salah satu pesantren ngga jauh dari rumah (2 tahun pertama). Tiap 2 hari sekali mama datang ambil baju kotor dan bawakan baju ganti. Senang katanya, banyak kajian dari mahasiswa2 yang mondok disana. Malam takbiran pulang dengan hati bersih penuh ampunan, insya Allah Papa husnul khotimah 😭 Kangeeen Papa. 

.

Nah, tahun terakhir sebelum di hari Lebaran terdeteksi kanker, Papa pindah i’tikaf di masjid ini karena sudah ngga kuat naik turun tangga di masjid yg sebelumnya. Masjid yang sama, yang 2 tahun ini anak, cucu-cucu dan mantunya datangi. Jadi memory di masjid ini luaaaar biasa. Baru lihat parkirannya saja, sudah bikin hati teringat beliau. Semoga kelak cucu laki-laki dan mantunya bisa rutin i’tikaf sendiri hingga akhir hayat.

.

Eeeh, neng princess udah nongol nih, ternyata mereka jalan-jalan makan indomiiih.. Ampyuun, ga ngajak2.. hahaha, biarin nasi gorengnya bunda yg makan aja 😎

Baiklah kita mulai abisin tilawah yg lembarannya masih banyak 😂😂 toyorpalasendiri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s