Coba-coba Homeschooling

ImageGoogling tentang homeschooling, WOW aja pokoknya. Hebat banget ortu yang bisa komitmen menjalankan HS. Yang paling hebat lagi, rata-rata mereka anaknya 3-5 orang. WOW!

Saya yang “baru” dua orang aja ga bisa tuh. Saya masih tetep merasa anak-anak butuh institusi pendidikan formal. Super WOW deh buat keluarga yang bisa menjalankan HS.

Untuk mengisi liburan anak-anak, saya punya ide untuk coba-coba HS. Coba googling untuk schedule yang baik dan juga aktivitas yang seru, waduuuuuh, bagus-bagus. Sampe bingung mau mulai dari mana. Abu menekankan untuk belajar Iqro diperdalam, tapi saya koq merasa, anak-anak lebih butuh belajar tentang perkembangan sosial emosional, seperti kemandirian, kesabaran, konsentrasi, pengelolaan emosi diri, mengikuti rutinitas kegiatan, mampu berkomunikasi dengan baik, mau bekerja sama dan memelihara lingkungan sekitar.

Ada sih beberapa kegiatan untuk mengasah motorik kasar dan halus, tapi tetap lebih banyak porsi tentang pentingnya bersabar, tentang harus bisa melakukan rutinitas harian sendiri tanpa dibantu lagi, dsbnya.

Asyik yah ternyata. Anak-anak pun tanpa sadar sudah banyak belajar banyak hal hari ini. Sampai jam 12.00 siang mereka sudah lelah dan langsung  nurut digiring bobo siang. 

“Papan BIntang” sengaja dipasang, supaya mereka merasa bangga akan pencapaiannya hari ini. Rencananya akan dipamerin ke abu kalau pulang kantor nanti. Isinya kegiatan rutin yang kadang-kadang mereka masih harus dibantu, yaitu :

1. Mandi pagi

2. Sikat gigi

3. Pakai baju sendiri

4. Sarapan

5. Belajar/Bermain

6. Bobo siang

7. Merapikan mainan

 

Alhamdulillah mereka senang menjalankannya. Cuma ibunya cape juga yah cari ide dan siapin alat peraga. Kan ibunya tetep harus masak, nyuci, jemur, nyapi, ngepel, nyetrika, dll. Hahahaha… akhirnya 1 pekerjaan ibunya terlantar, SETRIKA. Fiuuuh…

 

Advertisements

2 thoughts on “Coba-coba Homeschooling

    • keluargarempongbahagia says:

      🙂 iya bener. Salut banget buat ortu2 yang HS ya mak… Saya HS-HS an aja deh. hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s