Apa kabar Bunda ?

Alhamdulillah sehat,

hihihihi…udah lama ga nulis. Langka banget dapet kesempatan waktu luang kaya malem ini. Bayangin aja, setrikaan beres ga tersisa satupun, abang Umar n dedek Sarah jam 8 udah bobo, PR online shop ga ada (ada sih PR motoin upload-an baru) tapi ga mungkin juga moto malem2 kan, TV hari ini mati dari pagi sampe besok pagi (lagi belajar lepas dari ketergantungan TV), rumah rapi (lumayanlah udah nyapu, ngepel, lap2 dikit), makan malem gratis dari tetangga yg selametan rumah barunya…

Sekarang enaknya nulis deh, mau curhat apa yah?
perkembangan dedek Sarah sepertinya enak buat diceritain.
8 bulan dedek udah lancar jalan. Hmmm….ketika Bunda dengan bangganya cerita sana-sini bahwa dedek cepet sekali bisa jalan, ada juga orang2 yg khawatir, takutnya kalau fase berjalan itu melewati fase lain seperti merangkak atau merambat, dikhawatirkan bisa berakibat buruk buat perkembangan kakinya di kemudian hari.
Dulu sih, sebelum usia 8 bulan, semua fase itu dijalani sama dedek, cuma memang ga lama. Bisa duduk sebentar, langsung bisa merangkak, bisa merangkak sebentar langsung merambat di tembok. Bisa merambat sebentar, langsung bisa jalan lepas tangan.

Yang keliatan jelas, dedek keliatan pendek…YAIYALAH, secara dedek termasuk baby ber’isi’ lumayan gemuk, trus ketika dia jalan, emang belom pantes diliat anak 8 bulan udah mondar-mandir kesana kemari, jadi kaya orang pendek jalan. Bunda ga ada kekhawatiran. Semua yang dedek jalani sekarang masih dalam batas normal, semua Alloh yang berkenan…ya kaaan..^__^

Sekarang cerita abang ah, anak Bunda yang gantengnya selangit ini makin pintar. Sekarang umur 2 tahun 5 bulan, lagi mikir2 mau dimasukin playgroup apa nanti aja langsung TK. Toh, Bunda di rumah ini, bisa ngajarin abang (Bunda pun mantan asisten guru TK A kaaan..hihihi, walopun cuma beberapa bulan). Sebenernya yg pengen didapet dari masukin abang ke PG cuma belajar bersosialisasi aja. Abang kalo ketemu temen sebaya lama loading-nya, sedikit ngomongnya. Tapi ga mengkhawatirkan koq. Itu wajar aja, lah wong dirumah berteman sama Bunda dan Dedek doang kalo siang. Kadang Eyang sama Nenek juga jadi temen main. Nanti juga semakin besar semakin pintar cari cara buat berteman. Bunda yakin itu !

Di rumah, selain banyak belajar buku2, belajar gambar walo acak2an, belajar hapalan doa, bunda sama abu lagi mendisiplinkan abang. Pertama, toilet training. walaupun lama dan susah dan sometimes masih kumat lupa ke kamar mandinya, tapi udah banyak perkembangan. Caranya, qta main keluarga Robot. Abang maunya dipanggil Abang Obot (robot maksudnya), Bunda jadi Bunda Obot, dedek jadi dedek obot, Abu jadi Abu Obot, eyang jadi eyang obot dan ene’ pun jadi ene’ obot. Berhasil deh sesekali kalau mau pipis, dengan bangganya dia bilang, “Bunda Obot…Abang Obot mau pipis..!!!” Begitu setiap kali dia mau pipis. Lumayan dah si Keluarga Robot bikin dia bangga bisa pipis di kamar mandi.Kalo sukses pipis di kamar mandi..Bunda kasih tepuk tangan, pelukan dan ciuman buat abang, ga lupa juga Bunda ceritain ke semua orang rumah, Abang Obot Hebatttt !!!
Kedua, disiplin ga nyusu pake botol dot lagi. Abang kalo nyusu, dulu bisa abis 4 dus susu Ultra plain yang 250 ml. Lalu perlahan dikurangi jadi 3 dus, 2 dus, lama2 1 dus aja dengan dicampur air putih. Ini lumayan manjur menambah nafsu makannya. Karena kalau susu terus, abang ga berasa laper melulu. Sekarang mau disiplin stop ngedot. Kemaren, karna lagi demam (kecapean liburan), susunya seperti biasa dicampur gerusan parasetamol. Eh,gerusannya kurang halus jadi dia berasa pahitnya. Langsung ga mau nyusu lagi. Sekarang jadi sering minta air putih. Tadi malam pun tidur udah ga pake susu lagi, dan pas kebangun malem2, dia bilang, “Abu, abang mau minum” kalimat pertama yang kami tunggu-tunggu setelah 1,5 tahun selalu dengan kalimat “Abu, abang mau nambah” (nambah nyusu maksudnya). Pfffiiuuhh…
Ketiga, ini disiplin berlaku untuk Abu dan Bunda juga sepertinya, disiplin mengurangi nonton TV, oh nooo..komitmen yang ini gampang banget goyahnya. Apalagi kalau dipake cuma hari Minggu saja (niatnya mau dijadiin hari tanpa TV), tapi mestinya kan Senin-Sabtu pun demikian yah. Hari ini sih sakseis yah, dari melek mata sampe sekarang udah bobo no TV. Main aja terus sama-sama. Pake nangis ga ? pake dong, ampe berkali-kali malah, begging for TV, kata abang, “Bun, abang mau onton” (nonton maksudnya) pake nada memelas. Puter otak deh si Abu cari mainan buat ngalihin perhatian abang. Niat Bunda dan Abu sih supaya otak abang yang masih jernih dan gampang sekali menyerap informasi, bisa dipakai buat yg lebih berguna. Seperti main bongkar pasang lego, main mobil2an sambil dipretelin sparepartsnya, tebak gambar binatang, hapalan huruf hijaiyah, dll yg ga bikin bengong doang.

Mudah2an semua ini membuahkan hasil. Terutama di weekdays, dimana pola pengasuhan Abu hanya di pagi dan malam hari, berganti dengan pola asuh eyang dan nenek yg banyakan ga tega nya. Yang tetep ada pagi-siang-sore-malam, 24/7, adalah Bunda. Jadi Bunda harus lebih komit nih. Apalagi bagian yg No TV, wuidiih, kadang2 abang-dedek asik main lego, Bunda nonton CSI … hiihihihi….tontonan sangat tidak layak tonton untuk anak2. Jadi, doanya yang kenceng ah, semoga Bunda bisa berkomitmen pada diri sendiri dulu, lalu bergabung dengan Abu untuk menyamakan visi dan misi…lanjut sosialisasi ke eyang dan ene’…daaaan..Bismillah, kami pasti bisa!

Udahan ah, Bunda mengantuk. Lanjut lagi insyaalloh kalo sempet yaa..
Kiddos, have a nice dream. Bunda love you all

Advertisements

2 thoughts on “Apa kabar Bunda ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s