Perjalanan ke Bandung dan Tasikmalaya (First long trip for Umar)

Bunda Umar sing …. “….Pada hari minggu kuturut ayah ke kota….naik delman istimewa kududuk di muka, kududuk samping pak kusir yang sedang bekerja…mengendarai kuda supaya laju jalannya..hei..!!! tuk tik tak tik tak tik tuk tik tak tik tuk…. tuk tik tak tik tak tik tak tik tuk…. suara sepatu kuda…”

Libur 3 hari 18-20 Juli 2009 (Sabtu, Ahad, Senin), rencananya Umar mau ke Bandung ketemu sepupu, Teteh Rifa. Satu hari sebelumnya, Bunda sibuk packing perlengkapan Umar. Karena Umar pergi naik kendaraan umum, maka perlengkapannya harus lebih ringkas dibandingkan naik mobil pribadi. Mau tau ga apa aja? Yuk, di intip :
1.Yang di pakai Umar waktu berangkat :
Baju atas – bawah lengan panjang
Sepatu kain
Huggies Ultra-Dry

2.1 Tas ransel besar punya Abu, rencananya tas ini bakal masuk bagasi, jadi dikeluarin kalo udah sampe di bandung, isinya :
2 Jumper/Baju kodok buat bobo
1 Kaos
1 Celana denim pendek
1 Baju atas-bawah lengan pendek
1 Baju atas bawah lengan panjang
2 kaos dalem
1 Jaket
2 Kaos kaki (sampai betis)
1 sepatu Keds
2 saputangan
8 Huggies Ultra-Dry
1 Selimut handuk Winnie the Pooh
1 kain bedong buat alas tidur
Plastik buat baju kotor dan bekas Diapers
Baju Abu dan Bunda, Masing-masing 2 potong
Daleman Abu dan Bunda
Handuk kecil
1 Jilbab Bunda
Toiletries Abu dan Bunda : 2 sikat gigi, pasta gigi, deodorant, sabun mandi)
Toiletries Umar : Sabun, diaper rash lotion, bedak, warming oil, gunting kuku, cutton buds baby, kapas bulat
Obat2an Umar : Sirup penurun panas Tempra, salep kulit (Alhamdulillah obat2 nya ga kepake), thermometer digital

3.1 Tas ransel kecil bentuk kura-kura punya Umar, tas ini yang Bunda bawa2 deket sama Umar, biar gampang diambil kalo ada perlu, mau di isi :
1 Kaos
1 Baju atas – bawah lengan panjang
1 sweater
1 sling
1 nursing apron
1 saputangan
4 Huggies Ultra-Dry
1 topi
Mainan2 kecil Umar
Minyak telon (dan minyak telon buat anti nyamuk) di samping tas (biar mudah diambil)
Botol susu ASIP di samping tas (biar mudah diambil)
Tissue basah Mitu
Tissue kering
Plastik buat baju kotor dan bekas diapers

4.1 Tas selempang kecil Bunda yang bawa, mau di isi :
Dompet Abu dan Bunda
Handphone Abu dan Bunda
Kamera Casio Exilim EX-Z9
Charger Handphone dan Kamera
Uang receh
Nah, itu isinya….Ga terlalu berat sih, ga kaya dulu waktu Bunda masih berduaan aja sama Abu pergi ke luar kota. Maklum, baju bayi 7 bulan kan masih kecil-kecil. Nah, pas hari H, Sabtu, 18 Juli 2009 berangkat deh Umar .…Ini ceritanya :
SABTU
Jam 08.00
Berangkat ke pool travel Cipaganti di Jatiwaringin dianter Eyang dan Nenek. Abis salim, peluk, cium, Eyang dan Nenek pergi berangkat ngaji di Kelapa Gading…trus qta bertiga ;(Umar, Abu dan Bunda) nunggu di pool sambil main.
Jam 09.00
Bismillahirrohmaanirrohiim…Bismillahi tawakkaltu alalloh…Laa haulaa wa laa quwwataa illaa billaah…Qta berangkat. Mobil travel yang diperkirakan Pregio atau Travello ternyata bukan. Bunda ga ngeh apa mereknya tu mobil, yang pasti bermesin diesel, suaranya kenceng banget. Wah, ga sesuai harapan. Karena Bunda takut Umar jadi ga bisa bobo, eh taunya abis main-main sebentar sama Abu, minta nenen terus bobo nyenyak. Kebangun sebentar, main lagi sambil foto2 dulu terus bobo lagi.
Jam 12.00
Sampe di rumah Teteh Rifa. Umar celingak celinguk…Mungkin karena belum kenal dengan muka-muka nya, tapi ga lama mau juga main sama Teh Ifa. Makan siang disajiin sama Ummi Rifa ; Karedok, Ayam Bakar, Lele goreng, Sambel, trus ada penutupnya rujak. Wah, kenyangnya puuooolll deh Bunda sama Abu. Umar sih makan siangnya yang udah Bunda siapin tadi pagi di rumah (Tepung Beras Coklat Gasol,Brokoli,Wortel dan Buncis). Umar makan lahap sekali. Tapi ga mau bobo, akhirnya main aja terus sama si Teteh cantik. Udah masuk sore, baru Umar bobo sebentar. Jam 4 mandi sore pake air hangat, abis di Bandung airnya duuiingiiin banget.
Jam 19.00
A Dadan sama Uwa Didah dateng mau jemput Umar buat nginep di Cimahi di rumah Haikal. Karena Buah Batu macet, jadi Uwanya dateng telat dah malem, trus berangkat ke Cimahi jam 21.00-an deh.
Jam 21.30
Sampe di Cimahi, Umar bobo di kamar Haikal. Eh, Haikalnya masih belum mau bobo jadi masih main sambil jerit-jerit. Akhirnya Haikal dipindahin sama bundanya, disuruh bobo sama ayahnya. Umar bobo sama Bunda, Abu, Teteh Rifa dan Ummi Iya.
MINGGU
Jam 04.30
Bangun Pagi…!!! Cimahi dingin yah… agak pagi sekitar jam 2an, Umar nafasnya bunyi, wah kedinginan ni. Ternyata bajunya basah keringet, telat ga diganti, terus dingin juga udaranya jadi gitu deh. Hiks…maaf ya sayang. Abis biasanya kan Umar pipis sekalian diganti baju, tapi karna pake diapers, jadi ga ngeh deh kalo baju Umar basah.Bunda nenenin aja terus dipeluk, Alhamdulillah nafasnya normal lagi deh. Pfffiiiuuhh…
Jam 09.00
Perjalanan ke Bandung (ke rumah Shakila dan Syauqi). Umar sempet maem siang dulu yang udah Bunda masak sendiri waktu di rumah Haikal. Abis itu, qta berangkat deh ke Tasik. Rupanya Nagrek lagi ada proyek pelebaran jalan. Wuihhhh….muuuaaacccceeeettt…mana Bunda kena bagian yang panas (hihihi…), plus mobilna ndak ber AC. Sempet pusing kepala n mual, tapi malu sama Umar, Umar aja anteng, ga rewel, malah bisa bobo lagi. Akhirnya, dinikmati saja.
Jam 16.30
Sampe di Tasik (Babakan Loa), nginep disana. Tadinya malam mau langsung ke rumah enin di Kota Tasiknya, tapi yang nyupir, A Sujud, kecapean. Jadi qta semua istirahat. Bunda keabisan sayuran buat tambahan makanan Umar, jadi Umar maemnya pake beras coklat gasol aja deh.
Jam 20.30
Umar dah bobo. Tidurnya kadang keganggu sama Abu yang suara napasnya kenceng. Padahal si Abu dah Bunda senggol2, eh ga bangun juga. Tapi akhirnya semua bobo dengan lelap sampe pagi dan tidak lupa…berpelukaaannn…
SENIN
Jam 04.30
Umar dah bangun cengar cengir…Rencana abis subuh, berangkat ke enin bareng Ummi Rifa, Teh Rifa, Haikal, Ayah Sujud dan Bunda Evi, Uwa Didah dan Uwa Tjarlim, dan Aa Hafaz, terus langsung pulang ke Bekasi. Di jalan makan bubur dulu sarapan pagi. Sampe rumah enin, Umar ketemu banyak sodara lagi. Ada yang baru lahir malah. Namanya Hisyam dan …. (aduw, Bunda lupa). Tapi sodara Umar yang Bunda lupa namanya, mimiknya campur sufor (ga tau juga sih apa alesan ibunya), mana belinya yang muahal lagi. trus belum 6 bulan dah maem. Maemnya pake yang instan. Wah, Bunda sama Abu jadi gemes juga nih. Abu cuma komentar, “kalo Bundanya Umar masak sendiri..” (wah, jadi bangga dengernya). Qta ceritain deh, kalo ASI itu bisa diperah dan disimpan untuk nantinya dikonsumsi si bayi di jam-jam menyusu. Jam kadaluarsa juga udah qta terangin. Semoga aja memotivasi para ibu itu buat ASI Eksklusif.
Jam 08.30
Umar, Bunda dan Abu dianter ke pool bis Budiman (Tasik-Bekasi). Bisnya ada dan sepertinya kosong. Pas berangkat jam 09.00 emang ga terlalu penuh, tapi dijalan kan banyak ngambil penumpang lagi. Umar duduk di kursi no. 2 belakang supir. Pengennya sih pas dibelakang supir, tapi udah keduluan orang. Bismillahirrohmaanirrohiim…Bismillahi tawakkaltu alalloh…Laa haulaa wa laa quwwataa illaa billaah… Umar berangkat pulang ke Bekasi. Ene udah ditelpon siap jemput Umar di Terminal Bekasi. Sip deh. Di perjalanan Umar bobo lumayan lama hampir 2,5 jam. Trus bangun sebentar, main sama Bunda dan Abu, trus 1 jam kemudian bobo lagi sampe terminal. Perjalanan lancar ga semacet berangkatnya. Paling lama karena banyak berenti di pool2 dan istirahat di daerah Nagrek.
Jam 14.00
Umar sampe di Bekasi. Ene dan Eyang belum dateng. Hiks…qta nunggu di dalam terminal. Kira-kira 15 menit, dateng deh…Taunya A Yogi dan Empi juga ikut jemput. Umar langsung ketawa liat mobil Eyang. (emang hapal Bang…???) di mobil, Bunda gantiin diapersnya. Abis dah penuh banget. Trus, asik deh main di mobil sama Empi dan A Yogi.
Jam 15.00
Alhamdulillahirobbil ‘Alamiin….Umar, Bunda dan Abu sudah sampai dengan selamat. Bunda langsung mandi, sholat, bikin makanan Umar.

Subhanalloh anak Bunda sholeh banget…jarang nangis…sehat, bugar, gembira. Wah, walaupun di perjalanan banyak perubahan rencana mendadak dan situasi ga terlalu nyaman, tapi Umar ga rewel. Digendong siapa aja mau, makan tetep banyak. Tapi ternyata, Umar belum BAB 3 hari ini. Pas sampe rumah, sekitar Maghrib, baru Umar rewel, rupanya udah ngeden sampe nangis, tapi pupnya ga mau keluar alias keras. Bunda langsung panggil Abu. Ga tega liat Umar nangis kesakitan. Perut udah dipijit pake minyak telon, belum juga keluar. Akhirnya Abu semprot pantatnya Umar pake baby oil, lumayan keluar sedikit. Abis itu, kayanya Umar kecapean nangis, trus minta nenen eh langsung bobo nyenyak banget. Mungkin rada enakan dah pup dikit.
Malemnya, Umar bangun karena pipis. Sama Abu disemprot lagi karena masih belum pup banyak. Aduh, nangis kejer lagi. Tapi Alhamdulillah, tau-tau …Prrooooottt…!!! Keluar pupnya banyak. Abis nangis, Umar cengar cengir. Nah yang ini pasti udah plong banget dibanding tadi. Lanjut bobo lagi deh sampe pagi.
Besoknya, Bunda harus kerja. Eh, Umar yang udah 3X24 jam bareng Bunda terus, jadi nyariin. Ngamuk deh nangis kejer sampe Eyang bingung. Akhirnya pas udah rada tenang, dipijit pelan2 sama Eyang badannya, eh bobo pules lama lagi. Kemungkinan juga badannya masih pegel2.
Yah, gitu deh serunya long weekend qta. Yang jadi pelajaran, yaitu :

1.Kalo prepare baju lebihin untuk 1 – 2 hari dari rencana awal. Karena perubahan rencana tiba2 jadi ga asyik kalo bermasalah keabisan baju. Mau nyuci di rumah sodara juga ga mungkin, karena belum kering, udah pindah nginep ditempat lain lagi.
2.Makanan bayi juga gitu. Karena Bunda memilih untuk NON INSTANT, maka harus bawa lebih banyak sayur fresh yang dikemas diwadah rapat. Karena belum tentu dirumah orang dapet sayuran. Kasian bayinya kalo makan beras merah doang. Atau bawa buah (itu yang Bunda lupa)
3.Beli mainan baru yang dikasih ke bayi saat dia bosan. Karena Umar Bunda bawain mainan yang lama, malah ga mau. Lebih asyik main sama botol Aqua kosong, gordyn di jendela bis (kotor dan debu), mainin Handphone Abu (akhirnya bikin hang).

Tapi ga kapok jadi backpacker lagi yahhh…seru abis…anak Abu dan Bunda emang Te O Pe Be Ge Te…
I Love You….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s