Friday I’m in LOVE.

Senengnya yah kalo udah hari Jum’at. Kebayang bisa main seharian sama Umar n Abu. Bisa jalan-jalan di komplek. O iya Bunda baru inget, Umar and Friends kan mau arisan yah hari Minggu di rumah Danisha. Bareng sama Adisha, Zaqi, dan Nadhif. Mudah-mudahan Umar yang dapet duluan nih. Hehehe…Mau Bunda masukin tabungan Umar.

Hari ini Umar maem nya pake Bubur beras merah dan beras putih dan brokoli (+ ASI of course). Enak ga Bang… soalnya abis tuh maemnya. Nanti siang menu yang sama lagi yah, tapi disuapinnya sama Eyang. ANAK PINTAR…!!! Ternyata bikin MPASI sangat sangat menyenangkan yah. Itu enaknya kalo ga pake yang instan. Bisa bereksplorasi sama menunya. Cuma Bunda kebal-kebalin kuping aja nih dengerin Empi yang bawaannya pengen nambahin GARAM mulu di menunya Abang. Bukan ga mau nurut sama Empi, tapi GARAM kan penyedap juga. Bayi seumuran Umar sama sekali tidak butuh penyedap tambahan. Kalo mau rada asin bisa nanti pake kaldu, mau manis jangan dari GULA tapi dari manis buah-buahan. Ada tips dari teman Bunda di milis MPASIrumahan, katanya : Supaya ngga sembelit kalo makan pisang, kasi daging buahnya aja mbak. Jangan sampe ke bagian biji di tengahnya karena itu yg bikin sembelit. Ooo..Bunda baru tau tuh. Good advice yah..

Satu lagi nih…mengingat Umar udah 3 hari belum BAB sejak MPASI hari ke-2, ada advice lagi dari teman Bunda :

1. udah kebanyakan tuh jadwal makannya, makanya sembelit dan pup nya keras. Setidaknya untuk 2 minggu pertama, jadwal mpasi cukup 1x sehari aja dulu. 1x di sini bener2 cuma 1x sehari mpasi nya. Kalo 1x bubur dan 1x buah itu menurut saya udah termasuk 2x sehari.

2. Mbak, Sy jg mengalami hal ini, setelah 1mgg MPASI baby nadya jg sembelit.
Pupnya susah, ngeden2 sampe nangis. Sy jg ikutan nangis waktu itu, g sampe ati ngeliatnya. Dan sy merasa kayak jadi bidan aja :-). Kesalahan sy waktu itu adalah
1. makan 1x sehari cuma 3 hari pertama. Di hari ke empat langsung 2x sehari (ini sy lakukan atas saran dokter 😦 ).
2. kurang minum air putih.

Yg sy lakukan:
1. kembali makan 1x sehari, dan hanya makan sayur (kabocha dan labu siam) dan buah (pepaya, pir xiang lie, melon dan jeruk baby). Menu tepung beras sy hilangkan dl. Krn tepung beras bikin pup padat.
2. perbanyak air putih
3. sering pijat perut nadya dan senam kaki
4. terus observasi, lihat perkembangan serta reaksinya.

Alhamdulillah dah g pernah sembelit lg.

Waaaa…. Umar mudah-mudahan pupnya ga sampe sembelit ya nak…Bunda ga bakal tega liatnya. Tapi emang bener sih, soalnya orang serumah seneng banget ngasih makan Umar. Sampe 1 hari 3 X makan (padahal baru 6 bulan lewat 4 hari). Belum termasuk ngasih buahnya sampe 2X. Aduh, harus observasi lagi nih. Mulai besok maemnya qta coba kurangi dulu yah…maem bubur susunya qta ganti sama jus buah aja atau sayur aja dulu.Setuju yah Abu…

Advertisements

2 thoughts on “Friday I’m in LOVE.

  1. -anul- says:

    wah jgn dikurangi dong… kan kemaren dah pup.. berarti gak sembelit tuh…
    tenang kalo sembelit anaknya kembung dan agak rewel…
    umar tenang-tenang ajah tuh, i….
    coba nanti cek lagi perutnya deh… gak kembung dan gak keras…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s