I’tikaf day 9 (penutupan)

Malam 29.

Syahdu. Penuh pengharapan. Penuh pengaduan. Penuh do’a yang berebut ingin segera diijabah Sang Pemilik Jiwa. Penuh kekhawatiran apakah diri ini sudah Kau ampuni 😭😭

.

Rabb, jadikan anak2 hamba sholih dan sholihah. Mereka anak2 manis, penurut, sopan, pengertian, perhatian. Berikan selalu kesehatan, kepintaran, dan kelancaran dalam segala cita-citanya. 

.

Rabb, izinkan aku menjadi ibu yang baik untuk mereka, supaya bisa memasuki jannah dan bertemu dengan semua yang kucinta. Izinkan mereka sematkan mahkota hafalan qur’an nya untuk ibunya yg hina ini.

Yaa Rabb, jaga anak-anakku dari semua yg berniat jahat, dari semua yg berhati jahat. Hanya Engkau lah sebaik-baik penjaga. Tetapkan mereka selalu istiqomah di jalan mu. Pertemukan mereka dengan jodoh sholih/sholihah pilihanMu. Berikan mereka keturunan yang baik, yang juga akan saling bertemu di Jannah Mu.

.

Yaa Rabb, izinkan sisa umurku untuk ketaatan kepadaMu, istiqomahkan aku di jalan sunnah, Husnul khotimahkan aku yang penuh dosa ini Ya Allah. Berikan aku kesehatan jiwa dan raga untuk bisa beribadah kepadaMu. Jauhkan aku dari segala maksiat yang Kau tahu aku bergelimang didalamnya. 

.

Yaa Rabb… Ampuni aku 

Allahumma innaka ‘Afuwwun tuhibul ‘afwa fa’fu ‘anni

(Ya Allah sungguhnya Engkau Maha Pengampun, Engkau suka memberi ampunan, maka ampunilah daku).

.

Abang, Adek…

Hebat, MasyaAllah Tabarokallah. Tidak ada mengeluh, tidak ada niat buruk ingin berbuka, atau mencaci ibadah mulia ini karena letih.

Hebat, selalu semangat i’tikaf sampai hari terakhir.

Alhamdulillah Allah berikan kesehatan sempurna untuk kalian di bulan ini. Semoga bisa menjadi contoh baik di lingkunganmu. Semoga setelah ini, otaknya jadi sangat2 mudah menerima, mencerna ilmu disekolah maupun di kajian. Semakin sabar dan lembut hatinya menerima saran dan kritikan. Semakin semangat beribadah. Kalian selalu juara di hati Bunda. Remember that! 😍😍

.

Ramadhan 1438,

Banyak yang kehilangan orang2 terkasihnya. Berita duka datang berturut-turut hampir setiap seminggu 2-3x. Sungguh kematian itu dekat. Sungguh sakitmu adalah penggugur dosamu. Sungguh duri yg terinjak adalah karena kau kuat menghadapinya. Sungguh sesudah kesulitan, akan datang kemudahan.

.
— i’tikaf end, 😭  saatnya membuktikan hasil gemblengan bulan ini tidak sia-sia —

I’tikaf day 7

Malam ke 27

.

Malam ini bunda yg ditemani sahabat tersayang, Tante Santi. Ada sih ngobrol2 sebentar karena kita emang udah sekitar 2 mgg ngga ketemu. Ditambah di grup wasap banyak kabar duka ada bbrp orangtua teman Bunda yg jatuh sakit 😥 Qodarullahu wa masyafa’al. Ada kakeknya Syifa yg didiagnosa Ca Paru Stadium IV 😭 Ada neneknya Farhan yg koma belum sadar, Ada Engkongnya Andris yg tiba-tiba terserang stroke. Begitulah jika Allah menghendaki, biar mau lebaranpun, ujian datang menimpa. Semoga teman2 Bunda bisa bersabar dane mendapatkan keutamaan birrul walidain.

.

Kalau hari Jum’at siang jadi, Bunda dan teman2 mau jenguk dulu Engkongnya Andris di RS Mitra Keluarga.

.

Malam ini di masjid berlimpah snack banget,pas baru absen dikasih 2 macem snack, jam 13.00 dibagiin lagi dimsum. Sekarang hampir jam 03.00 makan sahur sudah ready.

Adek baruuu aja bobo jam 13.00 gimana banguninnya jam 03.00 inih..jam 04.00 aja kayanya. Biar nyenyak dulu

I’tikaf day 6

Abu pulang terlambat karena habis bukber di kantor, jadi kami di rumah menanti dengan berbagai gaya. Bunda setrika dulu sebentar, abang makan cuanki cup yg baru datang tadi sore, trus adek masih nonton yutub.

Jam 22.00 kita berangkat ke masjid. Sampai sana adek malah sibuk main sama temen2nya. Ini sudah jam 12.29 dan dia masih aja lari-larian.

Malam ini, minta kupon makan 2 deh, karena kemaren2 adek ga keitung melulu dan sahurnya jadi ga jelas. Kadang nasi doang sama krupuk, kadang minta bekel indomi goreng.

Malam ini nyoba ganti posisi bobo, daaan..

Serasa tidur beratap langit 😁

Malam ganjil, malam genap, ga pilih-pilih, semua kami datangi dengan sukacita. The true spirit comes from my 2 angels, abang n adek. Tiada lelah setiap malam mereka selalu menanti jam berapa berangkat i’tikaf.

.

Yaa Rabbana, pemilik jiwa dan hati ini, kokohkanlah ikatan persaudaraan mereka. Jadikan mereka berdua selalu ingat kepada-Mu, sehatkan jiwa dan raganya, istiqomahkan di jalan-Mu yang lurus. Sebagai orangtua yang ‘hanya’ dititipi 2 anak ini, syukur ku panjatkan tiada henti melihat mereka tumbuh dengan sempurna dari hari ke hari. Izinkan mereka menyematkan mahkota hafidz Qur’an untuk ibunya yang hina ini 😥 Izinkan kami semua berkumpul di jannah-Mu yaa Rabb

.

اللهم إنك عفوٌّ، تُحبُّ العفوَ، فاعفُ عنا

.

Sahur kali ini dipersembahkan oleh Hoka Hoka Bento.

Daaan day 2 si adek ngga tidur sama sekali 😁 alamat kebluk lagi nih ntar siang.

I’tikaf day 5

Malam ganjil, malam ke 25.

Tempat biasa tergusur, karena buat tempat terpal makan. Akhirnya maju dikiit, yg penting kena AC.

.

Tadi abis gelar lapak, bunda sama adek turun lagi ke bawah. Guess what?? makan bakso..hahaha… Asyik ya punya anak perempuan, bisa diajak ngemil malem 😁

.

Abang cukup minta chitato di indomaret, katanya mau nasi goreng yg Bunda beli kemaren, eh ga jadi. Kalo anak cowo mah gitu, rasa kenyang aja dia mah ga doyan ngemil.

.

Malam ini temen2 yg biasa bareng pada udzur ga bisa dateng. Ada juga yg pindah ke masjid deket rumah. Gapapa, yang penting niatnya sama.

I’tikaf day 4

Tidak seramai malam ganjil kemarin, malam ini sepi. Biasanya mulai jam 22.00 para ummahat sudah masuk satu persatu ke masjid. Kenapa ya harus beda-bedakan malam? Kita kan nggak tau lailatul qadr bisa jadi datang di malam genap. 

.

Bunda pergi sebentar beli nasi goreng sosis pesanan ade, eh pas balik ke masjid pada ga tau kemana deh. Jalan-jalan mungkin di sekitar komplek masjid. 

Plastik di tengah karpet itu untuk nanti makan sahur. Mengingat kemarin puenuh bgt jamaah, jadi mau makan repot karena area makan di belakang sudah penuh. Akhirnya malam ini terlihat plastik sudah terbentang, jadi panitia ngga repot ‘ngusir’ jamaah yg masih tidur untuk bangun karena tempatnya mau dipakai buat makan.

.

Malam ini, ingatan melayang ke Papa. 3 tahun terakhir di akhir hayatnya beliau habiskan untuk i’tikaf full day di salah satu pesantren ngga jauh dari rumah (2 tahun pertama). Tiap 2 hari sekali mama datang ambil baju kotor dan bawakan baju ganti. Senang katanya, banyak kajian dari mahasiswa2 yang mondok disana. Malam takbiran pulang dengan hati bersih penuh ampunan, insya Allah Papa husnul khotimah 😭 Kangeeen Papa. 

.

Nah, tahun terakhir sebelum di hari Lebaran terdeteksi kanker, Papa pindah i’tikaf di masjid ini karena sudah ngga kuat naik turun tangga di masjid yg sebelumnya. Masjid yang sama, yang 2 tahun ini anak, cucu-cucu dan mantunya datangi. Jadi memory di masjid ini luaaaar biasa. Baru lihat parkirannya saja, sudah bikin hati teringat beliau. Semoga kelak cucu laki-laki dan mantunya bisa rutin i’tikaf sendiri hingga akhir hayat.

.

Eeeh, neng princess udah nongol nih, ternyata mereka jalan-jalan makan indomiiih.. Ampyuun, ga ngajak2.. hahaha, biarin nasi gorengnya bunda yg makan aja 😎

Baiklah kita mulai abisin tilawah yg lembarannya masih banyak 😂😂 toyorpalasendiri

I’tikaf Day 3

Hasil dari kebluknya adek, dari pulang i’tikaf kemarin sampai sore adalah…. malam ini batere nya double alkaline!! hampir jam 02.00 dan masih asyik main sama teman2nya.

Jam 21.00 baru sampai masjid udah jajan kue cubit sama ovaltine. Trus lanjut jam 23.00 minta makan bekel nasi + kaki naganya. Waaah, belom lagi bekel indomie goreng katanya buat sahur 😅

.

MaasyaAllah, kayanya bahagia ga abis-abis anak ini i’tikaf. Semoga sampai dewasa makin terbiasa ya dek.

I’tikaf day 2

Kali ini ke masjid naik gojek, karena motor masih belum bener dan adek ngantuk katanya. Si babang gojek kayanya agak bete pas tau yg naik 3 orang. Yah tapi kan deket bang, dan anak-anaknya brinyit kecil begini 😁

.

Begitu sampai masjid, gelar lapak dapet di pojokan. Eh, ngantuknya ilang kata adek. Dia malah sekongkol sama abang turun lagi ke bawah buat makan popmie jatah sahur. 😂


Yah sudah lah, suasana masjid memang bikin anak-anak riang gembira. AC yg dingin juga bikin semangat makan mulu 😁

.

Kali ini ga mau kecolongan ada yg kebelet pup, jadilah berasa punya bayik lagi, bawa baju ganti, sabun, plastik kresek.

.

Kalo bunda hari kedua ini ngantuk sangaaat 😅 mau minum kopi yang disediain panitia di bawah, tapi kopinya item. Suka ndredeg gitu di dada. Daripada malem kenapa napa mending ganjel mata aja dah sama cemilan dari kantor abu tadi. panada puedes tenan. Dari panitia juga dikasih cemilan enak, pastel dan apa gituh manis legit.

I’tikaf day 1

Alhamdulillah, anak-anak semangat banget ngajakin i’tikaf. Setiap hari ngitungin kapan masuk 10 hari terakhir. Padahal kalo dipikir2, sebagai penganut i’tikaf setengah hari, anak-anak mah cuma numpang pindah bobo dan sahur aja. Karena kita kan jam 22.00 baru masuk masjid dan habis sahur pulang 😁

.

Day 1 ujiannya ada aja. Pas mau berangkat, hujan, pas udah reda, motor ngga bisa di stater. Alhasil jalan kaki deh ke masjid sekitar 10 menit. Adek milih naik sepeda sambil di kawal Abu.  Sampai masjid, suasana sudah ramai. Di depan pintu ada meja absensi  untuk pembagian kupon makan sahur. Walaupun sudah bilang berdua sama Adek yg sahur juga, ternyata kuponnya hanya dikasih 1. Yasudah lah, makan sahur kan ga banyak juga masuknya. Qodarullah di rumah sebelum berangkat masih sempet makan nasi + ayam bakar 😁
.

Jam 11.42 adek masih main karena ada teman ngajinya. Tiba2, bundaa.. pup. okelah, turun ke bawah ke kamar mandi. Sampai kamar mandi jreeeng jeeng..udah ga ketahan. Hadududu, rasa mau nguaamuuk emaknya. Masalahnya ga kepikiran mau bawa baju lebih. Ternyata oh ternyata….

.

Mengingat sudah hampir tengah malam, dan tadi ke masjid jalan kaki, maka kita urung pulang. Akhirnya Adek pake sarung mukenanya, trus dilibet sama kain bali emaknya. Dah, kelar, ga pake ngomel2 karena anak ini yg semangat nya paling luar biasa puasa dan i’tikaf. 

.

Setelah di nina bobo sebentar sambil dibacain do’a2 mohon perlindungan kepada Allah SWT, akhirnya pules lah princess bunda ini. Semoga nanti bangun sahur nya mudah.

Sementara abang, kelihatan tadi dari luar, udah pules duluan di samping Abu yg lagi tilawah. What a lovely view. 😍

Sabtu, 1 Ramadhan 1438 H / 27 Mei 2018

Bismillahirrahmaanirrahiim …

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

Ramadhan Day 1

Masih sama ngga ya, kaya puasa thn2 lalu. Soalnya sekarang sudah lebih besar nih. Apa masih ….

– Bangun sahur digendong sambil makan sahur

– Jam 10.00 udah ngamuk pengen minum.

– Jam 12.00 minta berendem main aer di bak.

– Jam 16.00 lemes lunglai tapi tetep pengen jajan beli takjil keluar.

– Pulang tarawih minta main dulu ga langsung pulang.

– Jam 21.00 minta makan lagi

😁😁😁😁

Unforgetable Memories.

Semoga kalian bisa memaknai arti sebenarnya puasa. Bukan sekedar menahan lapar dan haus. Tapi ada menahan emosi, menjadi lebih empati kepada sesama, tidak pelit, rajin infaq, dan makin sering melakukan ibadah2 sunnah lain.

Happy fasting Ramadhan from 🌛🕓 🌞 to 🌙🕕

🚫 🍖🍗🍕🍟🍔🍦🍰🍷⛔

Suatu hari Nabi صلى الله عليه وسلم pernah keluar menemui para Sahabatnya dan bersabda :

‎اتاكم شهر مبار
Telah datang pada kalian bulan yang diberkahi. 

( Hr. An Nasaa’i no.2106, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dlm Shahihut Targhib no.999 ).
Berdasarkan hadits tadi sebagian Ulama ( seperti Imam Suyuthi dalam kitabnya “Wushuul Amaanii fii Ushuulit Tahaanii”, dan juga Imam Ibnu Rajab Al-Hanbali-rahimahumallah ) berpendapat disunnahkannya untuk memberikan ucapan selamat ( tahni’ah ) ketika memasuki bulan Ramadhan.

  

Syaikh ‘Ali Hasan Al-Halaby hafizhahullah, mengatakan sebagian ‘Ulama lainnya juga membolehkan ucapan :
‎بارك الله لكم في هذا الشهر
Semoga Allah memberkahi kalian semua di bulan ini.
Oleh karenanya, kami juga ikut berdoa :
‎بارك الله لنا و لكم في هذا الشهر
Semoga Allah memberkahi kita semua di bulan ini .
Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita semua dalam menjalankan ibadah di bulan yang mulia ini.

Menjadikan siangnya untuk puasa, malamnya untuk Qiyamul lail, membaca Al Qur’an, shadaqah dan juga yang lainnya .
Aamiin Ya Allah Aamiin
Sumber:

( Ceramah Syaikh ‘Ali Hasan Al-Halaby yang berjudul “Min Fiqhis Shiyaam” ).
Kami sekeluarga menghaturkan :

‎بارك الله لنا و لكم في هذا الشهر

Semoga Allah memberkahi kita semua di bulan ini 💐

(The Hakim’s)